RTW X-Challenge Adventurization

Modifikasi apa aja sih yang kira kira diperlukan untuk RTW? Yuk ngintip salah satu persiapan “Travellers”  bernama “Walter Colebatch” dari www.sibirskyextreme.com, www.endless-higway.info dan www.tokyotolondon.com. “Colebatch” sendiri sudah banyak melakukan perjalanan dengan roda dua seperti ke Afrika, Asia, Eropa & Benua Amerika. Apa yang saya suka dari “Colebatch” adalah ia tidak menggunakan BOX untuk storage . Apabila Honda mempunyai CRF untuk offroad, Yamaha mempunyai YZF dan suzuki mempunyai tipe DR untuk medan off-road.
Basic motornya “Colebatch” adalah BMW X-Challenge yang juga biasa dipakai untuk off-road, yah sekelas dengan tipe dari beberapa pabrikan yang sebelumnya saya sebutkan. Sebenernya sedikit aneh, kenapa ngak pakai BMW F800GS atau BMW 650 dakkar yang sudah jelas dan pasti kehandalannya?

BMW X-Challenge Standart


Dari keadaan standart yang dimodifikasi untuk perjalanan RTW-nya adalah :
– Mengganti knalpot standart dengan Remus titanium


– Tangki bahan bakar extra dibagian belakang (kiri & kanan)
dimensi : lebar 60mm
bahan : Aluminum
Kapasitas : 12 liter
Dengan extra tank 22 liter (kiri & kanan) maka sekarang BMWnya dapat menempuh jarak extra 515 Km dengan perhitungan 4.3 l/100km. Agak membingungkan yah …. Jika di Indonesia “4.3 l/100km” ini berarti 1 liter untuk 23Km atau lebih gampang 1 : 23


– Luggage / box
Disini lah yang menarik dari “Colebatch” menurut saya, karena tidak menggunakan BOX paniers yang besar untuk perjalanan RTW, Tetapi lebih memilih “Soft Luggage” untuk penyimpanan atau storage. Sudah 15 tahun terakhir dan melewati semua benua, “Colebatch” melakukan perjalanan dengan kendaraan roda dua tanpa pernah melakukan perjalanan dengan “Hard Luggage” atau BOX. Alasannya karena “Soft Luggage” sangat ringan, tahan air dan mudah disetel posisinya.
Pegangan “Soft Luggage” : besi 15mm
Tas : Ortlieb 89 Liter (“Panniers untuk sepeda”)

Cucok kan  … buat yang ga doyan BOX gede2 😀

– Fairing / Windshield
Rally fairing : Touratech
Tinggal pasang karena merupakan aksesoris “bolt-on” berserta dudukannya.

– Lampu
Proyektor : Audi A6 bi-xenon
Bohlam : Hella Premium DE lights halogen low beam and 35 watt HID high beam
Ballast : HID50 slimline

Walaupun tidak ada rencana untuk melakukan perjalanan malam hari, bagian lampu mengalami modifikasi untuk menjaga hal yang tidak diinginkan.

– Tempat duduk
Karena dasar motornya untuk off-road, jok pasti tidak akan nyaman untuk diduduki selama 15 jam setiap harinya. Maka dilakukan beberapa perubahan oleh http://www.rayz.nl, dimana jok dilebarkan, di tambah ketebalannya dan kulitnya diganti.

– Suspensi
Suspensi depan belakang diganti dengan tipe progressive hyperpro spring, untuk shock belakang disesuaikan dengan perkiraan beban yang akan dibawa.

– Cockpit
Karena perjalanan akan memakan waktu selama 7 bulan, maka akan menjadi “Kantor berjalan” sooo… ada sedikit perubahan yang akan disesuaikan. Seperti Tatakan buku / peta dibelakang Fairing, tatakan GPS diatas fairing, switch lampu dan sekering lampu. Kenapa GPS diposisikan diatas, tidak di stang? trus kenapa peta tidak dipasang pada “tankbag”? menurut “Colebatch” dengan diposisikan diatas, ia bisa melihat jalan sembari melihat navigasi peta dan GPS tanpa perlu menunduk.

– Warna
Karena melewati Afganistan, maka pemilihan warna untuk motor BMWnya dipilih combinasi yang “SOFT” supaya tidak terlalu mencolok. Pilihan warna pun jatuh ke warna pasir “coklat” muda.

– Touratech
Beberapa barang “Bolt on” dari Touratech yang dipasang di motornya handguards, pelindung Radiator, Pelindung rantai depan belakang, spakboard depan dan pelindung mesin bagian bawah.

Final Modification

Advertisements

One thought on “RTW X-Challenge Adventurization

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s