Mad Man on Sports Bike (Part 2)

Setelah kembali dari perjalanan keliling dunianya yang pertama. Sjaak ingin mengulang kembali perjalannnya, tapi kali ini ia tidak bisa melakukannya dengan uang sendiri. Maka selama 3 Tahun selama di Belanda ia mencari sponsor untuk perjalanan berikutnya, menulis buku dan menjadi pembicara. Tapi bukan perkara mudah mencari sponsor walaupun setelah kembali dari perjalanan dengan CBR Sjaak menjadi terkenal.

Perjalanan kali ini memakan waktu 5 tahun 5 bulan, selama kurun waktu tersebut sjaak menulis untuk majalah “Motor Magazine” selama 26 “issue” dan 23 “issue” untuk majalan Motoport Magazine.


Ketika melewati afrika ia melintasi jalur barat, karena jalur timur sudah dilewati dengan CBR Firebladenya. Jika kebanyakan travelers melakukan perjalanan menghindari daerah konflik  dan negara dalam situasi perang. Prinsip ini tidak berlaku untuk sjaak. karena kali ini ia melewati kongo yang saat itu sedang dalam situasi perang sodara (CMIIW). Bahkan di negara Gabon tidak ada jalan yang dapat melintasi dari utara ke selatan,tapi ia tidak mengirim motornya begitu saja dengan pesawat. Pada kenyataannya  Sjaak memilih menyusuri &  menyebrang sungai.

Dari Afrika ia melanjutkan perjalanan ke Amerika selatan hingga Amerika Utara. Lalu melalui Rusia, China, Saudi Arabia, Afrika utara dan Eropa.

Cockpit (Futuristik yaa)

Radiator

Selama perjalanan kali ini Sjaak pun sambil jualan postcard untuk pendapatan sampingan dan menjadi pembicara tentang “travelling around the world”.  Setelah melakukan 2 kali perjalanan keliling dunia, menurut sjaak tidak ada “trainning” untuk melakukan RTW, karena hanya experience yang dapat membuat ia lebih baik.  Oh iya di akhir perjalanannya ternyata terkumpul lebih dari 30.000 Photo dan selama diperjalanan adiknya Gardie Maashees yang mengurus masalah financial Sjaak. Motor R1nya sendiri sekarang berada di Jepang untuk dimasukkan ke Museum Yamaha.

Bukan lagi action “burn out”

Modifikasi yang dilakukan untuk yamaha R1 nya adalah :
– Memperkuat frame belakang
– Menambah box aluminium, tebal 1.5mm
– Dudukan & kunci GPS
– Memperkuat faring dengan 3mm plat aluminium
– Memperkuat spion & di lem mati agar tidak mudah patah
– Ganti muffler knalpot
– Memasang Alarm
– Memasang “Steering dumper”
– Menambahkan “lighter” rokok untuk charger laptop dan kamera
– Menambakan charger GPS
– Menambahkan untuk power untuk minidisc
– Menambahkan switch on/off untuk lampu belakang.
– Menambahkan rem belakang di box
– 9 Liter jerigen di atas box, 2 jerigen 3.5 liter di belakang box

Sponsor yang mendukung perjalanan Sjaak kali ini adalah :

– Yamaha Motor Belanda
www.yamaha-motor.nl
Memberikan motor yamaha R1 baru untuk perjalanan.

– Majalah Motoport
www.motoport.nl
Publikasi semua perjalanan.

– Metzeler
www.metzeler.com
memberikan Supply ban dan pengiriman motor dari semua penjuru dunia.

– Lookwell Bike Fashion
www.lookwell.nl
Membuat Warepack

– Clymer Repair Manuals
www.clymer.com

– Arai
www.araihelmet-europe.com
Memberikan Helm pastinya.

– Bever Zwerfsport
www.bever.nl
Memberikan support peralatan kemping

– Putoline Oil
www.putoline.com
Support Oli selama perjalan. (Tidak pernah turun mesin)

– Cyclelok
Support Alarm dan box

– Motor Service Vierlingsbeek
www.motorservicevierlingsbeek.nl
Support spare part & memberikan informasi teknik cara memperbaiki motor kapan dan dimana sjaak berada.

– Laser Exhausts
www.laserexhausts.com
Support muffler knalpot

– Van Wylick
Memperkut frame belakang

– Diadora
www.diadora.com
Support sepatu motor

– Hyperpro
www.hyperpro.com
Support “steering damper” dan shock belakang

– Osco Chain Oiler
www.osco.nl
Support Oli rantai

– Motiv IT masters
www.motiv.nl
Membuat Website

– Peter Theuws
“For spraying the boxes” (ga tau deh ini buat apa ?)

– Fainox Stainless Steel Products
www.fainox.nl
Support pembuatan aluminium box

– M.C.M Mariënvelde
www.motorclubmarienvelde.nl

– Juwett Tweewielers
www.profilejuwett.nl
Yang Nge-las Box

– Motorcamping D’n Toerstop
www.toerstop.nl

– Jo Stevens Las- en Constructiewerken
www.stevenskonstruktie.nl
Supply plat aluminium dan membentuk tekukan box

– Zeilmakerij Leo Claessens Venray
Supply Tenaga kerja

– Pinlock vizier
www.pinlock.com
Support kaca Anti kabut

– K&N filters
www.efkaimport.nl
Support saringan udara

– Earmo
www.earmo.com
Support pelindung kuping

Nama besar Sjaak nampaknya menjadi modal utama dari banyaknya sponsor diatas, kalo kita perhatikan hampir semua kebutuhan ada sponsornya. ckckkckc…. kecuali bensin 😀

Trailer perjalanan Sjaak bisa dilihat disini

Video perjalanan di Afrika disini

Video perjalananAmerika selatan disini

Source : http://www.sjaaklucassen.nl

Advertisements

7 thoughts on “Mad Man on Sports Bike (Part 2)

  1. Keduaxx..
    R1 thn brapa tuh?
    Masih enak buat ngebut g ya?
    Bro, mw tanya donk!
    Knapa sih box motor sport yg bwt RTW kbnykn bntukx gede gt, kaya box tukang roti di indonesia :mrgreen:
    Apakah dgn box model GIVI n Kappa gt g ckp muat kperluan?
    Kn kayakx kalo motor2 adventure kaya duc MS n bmw r1200gs pd cm pk box2 model biasa, cm dlgkapi tankbag

    • @kentadis
      thanks udah mampir dan komen. saya seneng deh ada yang nanya… jadi ga 1 arah bahasnya 😀
      R1 tahun 2001
      btw bentuk gede karena bawaannya emang bayak. namanya Rumah berjalan gmana donk ?
      https://daddynaeva.wordpress.com/2010/01/24/equipment-list/
      kalo masalah box givi sih itu masalah pilihan, ada kok yang RTW bawa box givi. biasanya mereka pakai yang kotak2 itu karena tahan banting & bisa di kustom bagian bawah atau belakang box untuk tempat minum atau jerigen. Kalo kappa kan ga bisa….

  2. Padahal dah 2 x ikut RTW napa kok sukanya make motor sport ya…? napa gak make motor touring atau motor dualperpouse aja…?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s