Living on the Road

Banyak pengalaman yang didapat dari travelers, gw coba list beberapa pengalaman tersebut (“This is the hardest way”):

– Isi bensin sesering mungkin.

Salah satu Pom bensin di Russia

Walaupun dipeta jarak kota berikutnya tidak jauh, tetapi terkadang ketika kita akan menghadapi situasi dimana stok bensin belum datang ke pom bensin dikota berikutnya. Saran terbaik adalah selalu isi bensin ketika isi tangki sudah setengah. Ada pengalaman salah satu travelers yang mengabaikan cara simple  ini di Atacama Chile selatan, hampir saja kehabisan bensin disalah satu padang pasir yang paling kering di dunia.

– Jangan melewatkan sesuatu yang kita butuhkan karena alasan nanti akan kita temukan di tempat lain atau nanti ditempat lain akan lebih murah.

Pengalaman Max, Travelers dari Italia sangat terkejut ketika mengetahui harga ban depan BMW R1100GS seharga USD $300 di Santiago Chile disebuah BMW dealers. Ia kemudian mendapatkan informasi bahwa di iquique (Chile) akan ada banyak ban dan harganya lebih murah karena daerah tersebut bebas pajak. so, dari Santiago ke Iquique max melaju dengan ban depan Avonnya yang hampir botak. Ketika sampai di Iquique kenyataannya tidak ada ban yang cocok untuk motornya.

– Peta & GPS bukan harga mati

Salah satu jalan utama di Malawi

Biasanya peta dibuat berdasarkan jalan yang akan dibuat pemerintah, kenyataannya belum tentu sama. Terkadang jalan yang ada dipeta tidak ada sama sekali atau mungkin jalannya sama sekali tidak tertulis dipeta. Pengalaman salah satu Travelers ketika melewati jalan utama di Malawi, tenyata jalan utama tersebut medannya berbatu, pasir dan menanjak. Sangat tidak layak untuk disebut jalan utama. Tetapi tidak tertutup kebalikannya, dijalan yang kita kira berbatu terkadang ternyata sudah diaspal. “Who Knows rite?”

– Jika tersesat bertanya lah kepada orang lokal.

Bertanya kepada orang lokal  secara random dan tanya kepada beberapa orang, ikuti jawaban yang terbanyak dari arah orang lokal. Biasanya mereka hanya mengerti yes dan no, Gunakan body langguage seperti telunjuk untuk bertanya.

– Makan yang umum.

Di Canada sarapan biasanya berupa Daging & telur, pancake, sereal dan roti. Eropa utara biasanya sarapan berupa sereal, susu, jus, daging, keju dam roti. Tetapi ketika ke Selatan Eropa, Afrika dan Amerika Selatan sarapan hanya berisi Telur dadar, roti, kopi atau teh. Jika menurut perut kampung kita itu tidak cocok atau kurang “nendang” buat sarapan sebaiknya siapkan sendiri sarapan kita, karena biasanya agak susah mencari makanan yang cocok. Tidak hanya berlaku untuk sarapan, makan siang dan malam pun kita harus mencari yang cocok untuk perut kita. Apalagi untuk yang muslim mencari makanan yang halal harus lebih selektif.

– Paperwork dan dokumen

Jika dokumen perjalanan kita “expires” ketika diperjalanan, kantor perbatasan dibeberapa negara seperti Afrika dan Amerika selatan dapat mempersilahkan kita melewati perbatasan selama dokumen pendukungnya lengkap dan tidak ada masalah. Ada pengalaman Travelers pergi melakukan perjalanandengan “Carnet” palsu, “IDP” Palsu, STNK palsu dan lainnya. Terkadang yang seperti ini terpaksa kita lakukan jika birokrasi untuk memperbarui surat dokumen sangat sulit, sedangkan posisi kita berada diluar negri. Di bahasan sebelumnya sudah disebutkan untuk meng kopi SIM dan dokumen lainnya dengan printer warna, karena jika suatu saat kita bertemu dengan polisi yang minta sogokan  seperti di Indonesia, ia biasanya menahan SIM kita disinilah bergunanya copy warna sim tersebut, kita bisa saja bilang ” Go ahead. Keep it”

– Do not in a rush, just enjoy you journey.

Melakukan perjalanan akan menjadi sangat melelahkan, biasanya disaat saat seperti ini emosi kita mudah sekali terbawa. Apabila sudah dalam situasi seperti ini biasanya kita ingin melakukan semuanya dengan cepat. Ingat perjalanan ini mungkin hanya 1x dalam seumur hidup kita, jadi nikmatilah setiap langkah perjalanan kita.

Advertisements

2 thoughts on “Living on the Road

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s