Paperwork

Dokumen Perjalanan “Round The World”, tanpa dokumen yang mendukung kita tidak akan bisa melewati perbatasan negara apa lagi “Round The World”. Disini gw akan coba bahas apa saja dokumen perjalanan yang dibutuhkan dan bagaimana cara mendapatnyaknya.

Paperwork:

1. STNK atau “Vehicle Registration”

Satu hal yang pasti yang harus dibawa, walaupun kita melakukan perjalanan didalam kota STNK atau “Vehicle Registration” harus dibawa. Apalagi jika melintasi suatu negar STNK “is a MUST” . Ingat setiap tahun STNK diperpanjang, soo jangan pernah lupa untuk memperpanjang Pajak kendaraan dimanapun kita berada. Karena petugas dimanapun itu biasanya mengerti hanya untuk sekedar mengecek “Validitas” dari STNK. STNK harus match dengan “Carnet de passage”, apa itu “Carnet de passage” akan dijelaskan nanti lebih lanjut.

2. SIM International atau IDP atau “International Driving Permits”

IDP merupakan “license” yang dikhususkan untuk turis, disahkan oleh United Nation (UN) dan berlaku diseluruh negara yang ada didunia. Tujuan dari IDP adalah izin dari para turis untuk mengendarai kendaraannya di Jalan jalan Internasional tanpa tes dan pendaftaran lagi. Seperti SIM pada umumnya, selain tertera FOTO kita. IDP memiliki 10 lembar halaman dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, China, German, Arab, Italia, Portugis dan Scandinavian. Di Indonesia IDP dapat didapat di Sekretariat IMI dan hanya berlaku untuk 1 tahun.

3. Sim Nasional.

Biasanya yang ditanya diperbatasan adalah Sim Nasional yang masih valid. Tipsnya kopi atau print warna SIM kita, kemudian dilaminating yang rapih. Buatlah beberapa kopi dan berikan kepada petugas atau polisi cukup yang fotokopi, sehingga kita tidak akan takut kehilangan SIM karena originalnya tersimpan dengan baik.

4. STNK International atau ” Carnet de passage”

Carnet adalah sebagai bukti jaminan bahwa kendaraan yang kita gunakan untuk di “Import” sementara waktu dan akan keluar dari negara tersebut sesuai jadwal yang diberikan. Carnet merupakan alternatif dari pada kita meninggalkan uang deposit disuatau negara  sebagai jaminan, bahwa motor kita hanya untuk “Import” sementara waktu. Carnet belaku untuk 1 tahun dan dapat diurus di IMI. Dalam mengurus Carnet kita harus mendepositokan uang sebesar harga kendaraan kita saat itu dan uang yang dideposito dapat diambil kembali setelah kita mengembalikan kendaraan tersebut kenegara asalnya. Dimana saja carnet berlaku bisa dilihat disini.

FYI : Carnet tidak diperlukan di seluruh benua AMERIKA, jadi jika kita mengirim motor ke sini hanya membutuhkan Pasport, Visa dan License. Sedangkan Jika kita ke Australia Carnet harus ditangan, karena Australia sangat ketat dengan kendaraan yang keluar masuk dinegaranya.

Note : Pastikan semua Informasi yang ada di Carnet sama dengan kendaraan kita. Seperti : Pembuatan, Model, Warna, cc, Kapasitas tempat duduk, Nomer registrasi, Pemilik dan Harga.

5. Asuransi Motor

Dibeberapa negara menerapkan peraturan, jika setiap turis dengan kendaraannya memasuki negaranya harus mendaftarkan asuransi untuk kendaraan tersebut.

beberapa link pendaftaran Online :

http://www.mexadventure.com/ (Mexico)

http://www.carolenash.com/ (Inggris)

http://www.adac.de/ (German)

Alternatif berikutnya adalah kita apply di setiap perbatasan negara.

6. Pasport & Visa

Tidak perlu rasanya dijelasin untuk yang satu ini, sudah sangat umum. Silahkan buka Google untuk informasi tentang ini.

—-

Note : Today is my Birthday …. so Happy Birthday to me :D….. and this writing was dedicated for all off my friends, who come visit my facebook wall, phone, Sms and message me anywhere it is. Since im not feeling very well today, soo its time for me to lying down on my bed again …. Hope there some stacks of info heres…. Thanks Guys …..

Cheers,

Advertisements

7 thoughts on “Paperwork

  1. Di luar negri ada yg jual pertamaxx ga ya?
    Plg adax gambar kerang :mrgreen:
    Prtama2 sy ucpin happy birthday bwt bro daddy!
    Smg pnjg umur, shat slalu, n sukses slalu 😀
    N blogx jd tmbh rame! 😀

    Btw, jadi kalo pk carnet, seumpama mtor qta supra 125 sharga 15jt, qt jg hrs dposit 15jt gt kah?
    N kalo mtorx Duc MS sharga 300an jt, qt jg hrs dposit 300an jt gt?
    Pusing dah.. 😦

    • benar bro kentaro … kurang lebih memang begitu. Tp itu hanya sebagai jaminan kok, kalo motor sudah pulang bisa dikembalikan. Thanks for support btw …..

      cheers,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s