Shipping The Bike

Salah satu pengeluaran terbesar selama melakukan perjalanan Round The World, jadi harus cermat dalam melakukan pengiriman motor dari satu benua ke benua lain. Biasanya dalam pengiriman kita berhubungan dengan “agent” jika di Indonesia orang / perusahaan yang biasa menjalankan jasa jasa pengiriman (cth : Tiki JNE, DHL, dll). Dalam memilih agent  Hati hati banyak “agent” nakal yang sering kali mengambil keuntungan besar dari para travelers, so… be carefull.

Ada 2 pengiriman menggunakan pesawat atau kapal laut. manakah yang terbaik?

Menggunakan pesawat-lah yang terbaik menurut pendapat banyak travelers. Menggunakan kapal laut sepertinya akan lebih murah, tapi biaya pelabuhan relatif  lebih mahal dan kita harus menunggu berminggu – minggu atau berbulan – bulan untuk kedatangan motor dengan biaya harian yang tidak sedikit tentunya. Disamping itu pengiriman menggunakan kapal laut sering kali mengalami keterlambatan tergantung cuaca & ombak dilaut.

FYI, Amerika mengkategorikan motor sebagai barang yang berbahaya jika dikirim menggunakan pesawat terbang. sebagai alternatif pengiriman bisa dilakukan melalui negara tetangganya kanada.

Berikut cara perhitungan berat BOX motor/ peti motor / “Crate” yang biasa dihitung berdasarkan VOLUME crate.

(Panjang x Lebar x Tinggi “volume kubus or persegi panjang dalam Cm” ) : 6 = Berat dlm Kg.

Cth : (220 Cm x 100 Cm x 115 Cm) : 6 = 421 Kg

Maka berat yang akan dicharge kepada kita ketika mengirim barang adalah 421 Kg. Walaupun berat nyatanya dari motor kita bisa lebih ringan atau lebih berat dari kenyataan dilapangan. Dengan berat 421 Kg jika melakukan pengiriman dibenua asia & Afrika kira2 sekitar $400 – 500 USD, Jika dinegara maju sebesar 2x lipatnya.

Berikut tips cara pengiriman menggunakan crate :

1. Lepas kabel Aki

2. Kuras bensin sisakan kira – kira 1 liter atau untuk perjalanan ke pom bensin terdekat setelah sampai tempat tujuan.

3. Lepas spion, windshield, box belakang,  side bag dan ban depan.  untuk mengurangi dimensi box.

4. Cukup tarik setengah ayunan shockbreaker, jangan ditarik full.

5. Jangan gunakan standart tengah atau standart samping.

6. Gunakan peti dari kayu, selain lebih ringan peti kayu mudah diatur dimensinya. Ingat perhitungan berdasarkan volume base, semakin kecil semakin murah kita harus membayar.

7. Diantara space kosong dibawah mesin, kita bisa menempatkan barang-barang kita.

Berikut beberapa contact person yang gw rangkum dibeberapa negara jika kita akan mengirim motor :

1. India (Kalkota) – Thailand (Bangkok)

Myanmar tertutup untuk semua kendaraan, maka hanya ada 2 pilihan ke utara melewati china atau mengirim motor ke Thailand

DHL Lemuir Logistics,

Tower A, 11th Floor, DLF IT Park, 8 Major Arterial Rd, New Town, Rajarhat, Kalkota

CP : Mr Dutta

+91 33 44 00 59 28 / +91 38 36 182 345
email: swapan.dutta@dhl.com

2. Thailand (bangkok) – Bangladesh (Dhaka)

Kebalikan rute no.1

Sita Air Cargo

212 Chalemkrt 1 Rd, Suan Mali Bangkok 10100

CP : Joy

3. South Africa (Cape Town) – Anywhere

MMA Consolidator

6 Morris Close

Airport Industria, Cape Town, South Africa

CP : Bradley

bradley@mmacpt.co.za

0842092586

4. Timor timor (Dili) – Australia (Darwin) / Australia (Darwin) – Timor timor (Dili)

Perkins

Offices, Frances Bay, Darwin ww.perkins.com.au

CP : Nandra Turton (Darwin)

Roberto atau Rafael (Dilli)

nandra.turton@perkins.com.au

ph+61 08 80822000


5. Chile (Santiago) – New Zealand (Auckland)

Lan Cargo Chile

Teisa Warehouse no 21/22
International freight,
Santiago, Chile.

CP : Natalio


6. Canada (Toronto) – Perancis (Paris)

Motorcycle Express

6800 Jericho Tpke.
Suite 201W
Syosset, NY 11791-4488

CP : Devin Campbell
phone: 516-682-9220 toll-free: 800-245-8726 fax: 516-682-8231


7. Afsel (Cape Town) – Argentina (Buenos Aires)

Turners Shipping

Bellville, Cape Town
021 949 3690

CP : Catherine Harris

charris@lep-logistics.co.za


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s