What Kind of Bike to Ride

Jika tekad sudah bulat…. pasti kita akan berfikir dengan motor apa yah kira kira melakukan perjalanan ini? Tapi sebelumnya tipe rider yang seperti apa kah kita? apakah kita tipe orang yang ingin melakukan RTW dengan jalan yang mulus atau tarmac / aspal? atau tipe anda tipe orang yang suka adventure melewati segala medan macam hingga “push to the limit”?

Banyak orang berpikir bahwa motor tipe GS lah motor terbaik buat keliling dunia, dengan segala macem gadget, GPS, tangki extra besar, tahan banting dan dirancang untuk perjalanan yang sangat jauh. Sedangkan yang berada di garasi kita jauh dari tipe GS / Adventure, Apapun motor yang ada sekarang akan tetap bisa melakukan “Around The World”. Mungkin sedikit lebih pelan, mungkin sedikit banyak modifikasi dan mungkin kita harus memilih milih rute yang akan kita lewati. Banyak orang keliling dunia dari yang naek honda bebek 50cc, honda bebek 100cc (red : ingat nathan n dorothy), vespa, motor sport, harley indian, gold wing, BMW & KTM.

Ada beberapa traveles yang memilih motor biasa biasa aja atau tidak mahal untuk melakukan RTW agar tidak terlihat seperti orang kaya, sehingga tidak mencolok dan menjadi incaran maling. Adapula yang melakukan RTW dengan motor yang murah meriah agar nanti bisa ditinggalkan motor tersebut disuatu negara, tapi cara ini sangat tidak direkomendasikan. Karena selain kita kehilangan uang deposito untuk menjamin motor tidak akan dijual selama perjalanan, yang kedua nama kita bisa menjadi “black list” di negara dimana kita tinggalkan motor tersebut. Bahkan ada seorang traveler yang memiliki BMW GS 1200 GS lalu ia jual dan Β ia beli Sepeda untuk perjalanan keliling dunia, Apapun kendaraannya pasti bisa melakukan perjalanan ini.

Banyak motor motor yang di desain untuk enduro atau dual purpose seperti Yamaha Tenere / XT Series, Bmw F650, R80 / R100GS, Bmw R11xxGs, Suzuki 650, KTM Adventure, Honda Transalp, Honda XL600 series, Honda Africa Twin, Kawasaki KLR 650 dan masih banyak lagi yang ga bisa disebutkan satu per satu.

Partner

Ketika kita akan melakukan perjalanan berdua dengan partner atau pasangan kita tentu kita akan bertanya tanya, kira kira kita melakukannya dengan 1 motor atau 2 motor yah? Jika melihat pengalaman traveler yang sudah melakukan RTW 1 motor merupakan yang terbaik , tetapi yang yakin dengan 2 motor adalah yang terbaik juga tidak sedikit. Jika kira kira Skill dan pengalaman mengendarai motor 2 orang tersebut seimbang, sebaiknya gunakan 2 motor. Tapi jika skill dan pengalaman pasangan kita kurang mencukupi, sebaiknya gunakan 1 motor. Akan menjadi sangat berbahaya dengan pengalaman dan skill yang minim jika melewati jalan jalan padat, medan offroad dan basah dengan full panniers.

Ketika kita memilih melakukan perjalanan dengan dua motor sangat disarankan menggunakan motor yang sama. faktanya, Cost akan dua kalilipat jika perjalanan dengan 2 motor dari bensin, sparepart, ban dan pengiriman melintasi pulau / benua. Keuntungannya jika ada trouble sparepart bisa saling pinjam, dengan dua motor yang sama kecepatan akan relatif sama sehingga tidak ada saling tunggu. Pernah nonton Long way Down charley & Ewan yang melakukan trip ke afrika diikuti dengan istrinya ewan? Disini bisa kita pelajari kesalahan membawa 2 motor yang berbeda. Ewan dan charley sering kali menunggu dan ini akan sangat melelahkan jika kita melakukan perjalanan jauh. Belum lagi skill istrinya sangat minim sehingga sering kali jatuh dijalan.

Jika kita ingin melakukan dengan 1 motor berdua yang perlu diperhatikan adalah storage, apalagi jika partner kita wanita biasanya mereka membawa bawaan lebih banyak dari laki – laki sedangkan storage motor sangat terbatas dan itupun harus dibagi dua. Dengan boncengan dibelakang pemilihan motor sebaiknya yang besar seperti BMW Twin mungkin yang terbaik. Karena boncenger kita harus Β nyaman duduknya bahkan harus lebih nyaman dari pada tempat duduk driver itu sendiri, jika tidak perjalanan akan menjadi neraka.

Advertisements

13 thoughts on “What Kind of Bike to Ride

  1. nice info bro..nambah lagi ilmu gue kan..hehehe.. :)gw ngidam trek aspal campur tanah..tapi nga terlalu terjal..karna liat kondisi motor gw..mungkin salah satunya tanjung lesung ya bro..(..mmm kapan ya bisa tes drive kesana sambil bawa kelengkapan kemping & fishing) πŸ˜€

  2. damn right about the seat! not sure about women always taking more luggage though πŸ™‚ we met nathan and dot in pakistan. he’s a good guy, very funny. cheers for using our pix…

  3. Wah, br tw ne blog..
    Ru nongol d indomotoblog y?
    Salam kenal bro!
    Nice article!
    Co2k bgt bwt yg sk adv n touring
    Pngen keliling pk duc Multistrada 1200s, tp lum bisa pny :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s