Border Crossing

Melewati perbatasan antar negara suatu hal yang bisa dibilang gampang gampang susah, tapi jika melakukannya dengan benar dan dokumen kita memang lengkap melewati perbatasan negara bukan merupakan suatu masalah. Berikut tips untuk melewati perbatasan antar negara :

1. Hindari melintasi negara ketika “weekend” dan  Hari libur, karena akan membutuhkan waktu lebih lama (banyak turis lokal), biaya biasanya menjadi lebih mahal dari hari biasa dan sulit mencari fotocopy untuk mencopy dokumen.

2. Untuk menghindari menunggu lama, Usahakan tiba di perbatasan pagi hingga sebelum makan siang atau sore sebelum perbatasan tutup.

3. Gunakan baju yang rapih tapi jangan terlalu mewah

4. Bersikaplah sopan & sabar, walaupun petugas yang melayani mungkin sangat menyebalkan. Petugas yang kita hadapi mempunyai wewenang yang menentukan kita bisa menyebrang atau tidak dan kita harus memiliki izinnya untuk memasuki negara tersebut. Yang perlu kita ingat Hukum disetiap negara berbeda beda, kita tidak bisa menggunakan logika.

5. Parkir motor yang mudah dilihat dari dalam kontor bea cukai / imigrasi.

6. Dahulukan masuk kantor imigrasi sebelum ke kantor bea cukai.

7. Jika petugas meminta sesuatu yang sulit atau tidak mungkin coba cari tahu alasannya mengapa  dan apakah ada alternative lain? Jika memang memungkinkan coba komunikasi dengan kepala perbatasan atau supervisor setempat, mungkin mereka dapat memberikan pengecualian.

8. Jangan menawarkan uang jika tidak diminta, Jika memang harus membayar minta lah bon dan tanya mengapa kita harus membayar. Simpan bukti pembayaran selama kita diberada dinegara yang tersebut.

9. Jika kita melakukan suap kepada petugas ingat tanggal, jam, jumlah uang dan nama petugas tersebut. Jika perlu tulis surat ke kedutaan & kantor turis terdekat.

10. Siapkan mata uang untuk negara yang akan kita masuki beserta recehannya. Paling tidak kita sudah mengetahui harga mata uang negara yang akan kita lewati. (biasanya ada money changer disekitar perbatasan)

11. Copy semua dokumen yang diperlukan sebelum sampai perbatasan.

12. Jangan mengambil gambar terlalu banyak diperbatasan. Kita pasti tidak mau, tidak dapat izin menyebrang karena di “cap” sebagai “Mata – mata”.

13. Pastikan dokumen ditandatangan & dicap sebagaimana mestinya, jika perlu kita arahkan petugas untuk menandatangani & mencap pada tempatnya. Jangan sampai kita mendapat kesulitan meninggalkan suatu negara karena hal spele ini.

14. Lakukan semua sendiri, lupakan orang sipil “lokal” yang ingin memberikan bantuan, bertanya atau yang ingin mengarahkan kita.

Perhatikan perbedaan “local border” dan “International Border”

International Border Malaysia – Thailand

jangan pernah mencoba memasuki suatu negara dengan melewati “local border” karena kita tidak memasuki negara tersebut secara legal. “Local Border” biasanya hanya untuk turis lokal untuk melakukan perdagangan atau “one day tour” disekitar negara yang bertetangga tersebut.

Local Border

Selain diri kita sendiri sudah memasuki secara illegal dan motor yang kita kendarai pun masuk secara illegal, petugas bea cukai & imigrasi sangat tidak menyarankan tindakan ini, penyelesaiannya biasanya kita harus membayar sangat mahal untuk bisa keluar dari negara tersebut dengan motor kita. “be wise and play safe”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s