Around the world with a motorcycle Part II

Pertanyaan berikutnya untuk Margus & Karina :

Me asking questions (notice the paper on my hand)

11. Apakah anda mengetahui cara memperbaiki motor anda sendiri?

M & K : Ya, saya dapat memperbaiki motor saya sendiri dan sebelum berangkat saya sendiri yang mempersiapkan motor tersebut. Kecuali bagian shockbreaker karena butuh alat special untuk memperbaikinya.

12. Mengapa kalian pilih BMW 1150 GS tahun 1998 untuk perjalanan ini?

M & K : Motor ini saya beli tahun 2005, kenapa saya pilih motor ini? karena menurut saya BMW motor terbaik di dunia untuk dikendarai dengan boncengan. Sebenernya KTM 990 Adventure, honda africa dll banyak yang cukup bagus… tapi bmw lah yang terbaik untuk boncengan dengan karina dan karena motor ini sangat simple dalam hal mekanikal.

13. Berapa kali jatuh dari motor? ada yang special?

M & K : sekitar 40 kali saya jatuh dari motor tetapi semua dengan kecepatan pelan sekitar 20km/jam dan medan offroad pasir yang sangat dalam.

14. Jika jalan offroad apa yang dilakukan karina?

M & K : Biasanya jika jalan offroad kita ber dua akan sama sama berdiri, untuk tetap siaga selama melewati jalan jelek dan jika jalannya sangat sulit karina akan jalan untuk sementara waktu untuk kemudian naik kembali ketika jalannya sudah baik.  Sebenernya saya sangat suka dengan jalan pasir karena pada dasarnya saya suka offroad apalagi  pasir yang dalam… kita akan seperti dansa sambil nge-gas terus sambil menye-imbangkan motor. Tapi dengan BMW yang berisi barang bawaan kita & karina dibelakang sangat berat melakukannya.

15. Pernah Kehabisan bensin?

M & K : belum, tapi ada beberapa kali kita hampir kehabisan bensin.

16. konsumsi bensinya berapa ?

M & K : Jika jalan pelan kira2 1 : 25 Km dan jika jalan kencang sekitar 1 : 14 km. sangat irit kan?

they really have a sens of humor

17. Rintangan dan halangan dalam perjalanan ini apa?

M & K : Sebenernya ga ada tp mungkin masalah kita ber dua adalah UANG. karena kita harus mengeluarkan uang sangat mahal untuk menerbangkan / mengirim motor saya dari satu pulau / benua ke pulau / benua lainnya.

For example :  Penyebrangan dari Australia ke New zealand, kita harus membayar sekitar Rp. 20.000.000,- untuk membawa motor kita me-nyebrang dan itu akan di kali dua jika kita kembali lagi ke Australia hanya untuk motor saja.

18. Kenapa kalian menggunakan pesawat setelah thailand ?

M & K : Karena Burma tertutup untuk semua kendaraan dari luar.

19. Kenapa kalian tidak naek ke China?

M & K : China sangat mahal untuk kita masuki dengan kendaraan, karena perhari kita harus bayar sekitar $ 2.000 untuk pengawalan selama di China mulai dari kita masuk perbatasan hingga kita keluar dari China.

20. Ada persiapan khusus untuk melewati AFRIKA & ASIA terutama daerah konflik?

M & K : Ga ada, pertama waktu berangkat kita khawatir akan bermasalah di amerika selatan karena mereka berbicara bahasa spanyol bukan inggris dan kita tidak bisa bahasa spanyol. Untuk Afrika kita bukan takut akan binatang liar karena kita sudah terbiasa dengan mendirikan perkemahan sendiri. Bahkan dengan sering mendirikan perkemahan kita akan semakin sedikit mengeluarkan uang. Seperti yang saya bilang tadi Uang adalah masalah utama selama perjalanan kita. Tetapi ketika kita di Amerika selatan hampir tidak bisa kemping, karena seperti di argentina dan brazil di pinggir jalannya berdiri pagar2 agar binatang buas tidak menyebrang kejalan. karena pagar2 tersebut kita ga bisa mendirikan tenda.

21. Ada yang hilang dari perjalanan anda?

M & K : kamera, ini kamera sudah kamera ke 3… pertama hilang di Brazil di curi. kamera kedua rusak karena ada dead pikselnya, masih bisa di pake sih… maka itu kita simpan saja jika suatu saat kamera baru ini ilang maka kita masih punya cadangan.

22. Bagaimana anda mempersiapkan STNK, SIM, Visa dan imingrasi disetiap negara?

M & K : Semua dipersiapkan sebelum berangkat. Kenegara mana saja kita akan berangkat semua dipersiapkan ketika kita dirumah. Dan kenapa tadi saya sebut saya tidak ke China karena selain mahal jika ke China saya harus mengikuti ujian sim dinegara China, Jadi Sim international saya tidak berlaku disana. Untuk STNK saya mengurus STNK internatioanal yang mana 1 lembar kertas mewakili tiap negara, jadi jika saya melewati 25 negara maka akan ada 25 lembar surat. Untuk mengurus ini saya harus mendepositokan uang dinegara saya sebanyak harga motor saya. Ini untuk memastikan saya tidak akan menjual motor saya di negara negara yang akan saya lewati dan uang tersebut dapat kembali diambil ketika saat saya kembali kenegara saya dengan motor ini.

23. Pernah nyogok polisi atau imigrasi ga ?

M & K : Ga pernah,  Tapi waktu di Bolivia kita pernah mengeluarkan uang yang kita ketahui setelah itu bahwa uang itu merupakan sogokan.

24. Pernah berurusan dengan polisi?

M & K : Kita sering diberhentikan polisi dari yang hanya penasaran dengan perjalanan kita dan motor saya. Tetapi waktu di Argentina kita ditangkap karena ngebut, tapi karena memang saat itu kita tidak ngebut dan kita tidak mau kasih uang… saya ngobrol baik2 dan minta bukti mana “speedgun” yang membuktikan saya ngebut, dia beralasan bahwa polisi yang mendeteksi saya ngebut ada di 5 Km dari sini. Lalu polisi tidak dapat mengeluarkan bukti kita ngebut dan  menawarkan mebayar di tempat $ 500 dan jika di kantor polisi membayar sebesar $ 800. Jika sudah begini kita akan memilih membayar di kantor polisi…. Intinya jika sudah berurusan dengan orang seperti mereka jangan mengalah dan tetap berbicara baik2 pada mereka dan tunjukkan jika kita tidak terburu buru, jika perlu bangun tenda yang ada dimotor untuk membuktikan kita tidak terburu – buru dan mempunyai waktu yang lama.

First, they want to go to my restaurant but they can’t recon my place

25. Perjalanan dari Estonia hingga hari ini di Jakarta, sudah berapa banyak uang yang kalian gunakan?

M & K : Waktu melihat list pengeluaran kita berdua, mata saya sampai melotot melihat angka2 tersebut.

26. Kasih tau donk kira2 berapa besar?

M & K : $ 50.000

sekitar 500 juta.

26. Jika kalian dalam keadaan tidak ada uang sama sekali, tetapi kalian belum sampai dirumah apa yang akan kalian lakukan?

M & K : Visa yang akan menemani atau jika sangat mendesak kita akan tefon kerabat dan teman dirumah untuk mengirimkan uang.

27. Pengeluaran terbesar dari perjalanan ini?

M & K : Mengirim motor dari suatu pulau/ benua ke pulau / benua lainnya. seperti dari eropa ke amerika selatan & dari US ke Australia.

28. Dari semua pengeluaran kalian, apakah kalian punya sponsor?

M & K : Sponsor ada tapi hanya membatu sedikit, karena semua sponsor hanya memberikan sebatas publikasi dan discount untuk riding gear, tenda dan peralatan lainnya. Publikasi yang kita dapat seperti foto kita berdua berada di halaman utama majalah motor di Estonia.

29. Jika ga ada Sponsor dari mana kalian dapat uang untuk keliling dunia ini?

M & K : Kurang lebih 1 tahun kita tidak pernah beli barang barang sama sekali. Kita tidak beli baju, celana, sepatu dan kebutuhan lainnya kecuali untuk kebutuhan sehari hari. Kemudian kita jual mobil, rumah dan lainnya yang kita punya dikampung halaman kita, sehingga perjalanan ini terwujud. soo … jika kita pulang nanti kita akan jadi pengangguran yang tidak punya kerjaan dan rumah kecuali motor ini saja.

30. Negara mana menurut kalian menarik dari perjalanan ini?

M & K : Banyak tapi mungkin Bolivia yang pertama, dengan banyak dataran tinggi negara ini sangat menarik apalagi salar de ulunyi.

Margus & Karina @salar de ulunyi

Kedua Manhattan (New York) karena waktu kita di Amerika dan menuju ke New york hujan deras sekali dan tidak ada berhenti. Waktu itu hujan tanpa henti hingga riding gears dan sepatu kita basah semua, kemudian ketika kita mencari alamat salah satu rekan kita didaerah broadway hujan mulai berhenti dan kita pun beranjak keatas di apartment rekan kita tsb. Namun karena Apartmentnya berada di lantai paling atas tepat di jalan broadway…. kita dapat melihat seluruh isi newyork dengan pemandangan pelangi plus sunset, moment tersebut benar – benar indah.

NY City view

Untuk Indonesia sendiri saya rasa ada di Top 5 list saya ….. karena Indonesia sangan menarik.

31. Jawablah dengan cepat, sebutkan moment terbaik selama perjalanan ini ?

M & K : sebenarnya sulit menjawabnya, tapi mungkin momen terbaik kita biasanya bisa bertemu dengan orang – orang baru seperti kalian ini.

kemudian kita ngobrol2 ringan dari sana kemari ….. hingga beberapa teman gw dari FR2 dateng

Hermawan & budi

kemudian another friends came by

Ari (Griska Friend’s)

Sayang malam itu merupakan hari kerja, akhirnya kita pamit pulang sekitar jam 1 malam dan mampir ke hotel tempat mereka menginap untuk foto2.

Margus wanted a chick pick on his bike

2 Estonians with Fr2 Jackets

2 thoughts on “Around the world with a motorcycle Part II

Leave a Reply

