Around the world with a motorcycle Part I

Keliling dunia naek motor!

Pasti kalian akan menjawab :

GILAAA…..

Yah begitulah mungkin kata2 yang keluar pertamakali untuk sebagian orang, tapi untuk gw sendiri… i will answer “WHY NOT” :D:D, Tapi gak sekarang but someday.

Kemarin tepatnya tanggal 2 desember 2009. Gw berkesempatan untuk ketemu dan ngobrol2 dengan orang yang sedang melakukan perjalanan keliling dunia dengan menggunakan sebuah motor yaitu BMW 1150GS tahun 1998, Di sebuah kafe di jalan jaksa bersama istri gw Griska. Ceritanya beberapa hari sebelumnya gw memang sudah email2an dengan dia, ketika mereka masih berada di aussie menuju timor leste.  Oh iya gw sebut mereka yah …. Mereka adalah Margus & Kariina dari ESTONIA, pasangan suami istri yang baru menikah 3 hari sebelum mereka memulai perjalanan ini 1 setengah tahun yang lalu.

Margus ,Kariina & BMW 1150 GS



Ketika ketemu gw berikan mereka masing2  jaket FR2 dan griska memberikan accesories kepada karina dan untungnya jaket tersebut muat, padahal margus bilang kemarin dia dijakarta bolak balik cari boxer ga ada yang se-ukuran dia.

Sebenernya dari dulu gw pengen bertemu orang seperti mereka tapi karena baru ada kesempatan sekarang, so gw pergunakan ini sebaik2nya. Banyak pertanyaan seputar perjalanan mereka didalam kepala gw dan gw print out di beberapa kertas … dan ketika gw mengeluarkan kertas tersebut semua orang ketawa margus, karina dan griska …. mereka bilang “you are just like a journalist”.  Sebenernya agak minder ketemu mereka, karena yang gw lakukan hanya perjalanan dalam skala kecil di INDONESIA, yahhh paling jauh sekitar 1.500 km. jika di compare dengan mereka kynya jarak segitu ga ada apa2nya :D:D.

Setelah memesan beberapa gelas beer dan ngobrol2 ringan  mulailah gw bertanya :

1. Bisa kalian cerita tentang background kalian?

Margus:

Asal : Estonia

Umur : 28

Kuliah : lulusan university di estonia jurusan fisika

Pekerjaan terakhir : Macintosh engineer

Cita – cita : astronot

Kariina :

Asal : Estonia

Umur : 26

Kuliah : Lulusan bahasa Prancis

Pekerjaan terakhir : sebagai translator

2. Apakah kalian mempunyai anak?

M & K : Tidak dan ini yang merupakan yang menjadi alasan mereka keliling dunia sekarang.

3. Sudah berapa lama kalian menikah ?

M & K : 3 hari sebelum berangkat keliling dunia.

4. Pernah keliling dunia sebelumnya ?

M & K : Ketika masih pacaran mereka pergi ke IRAN tahun 2006

5. Apa kalian tipe orang yang suka Adventure ?

M : Sebenernya tidak tapi saya sangat tergila – gila dengan motor terutama ketika masih kuliah….. kita akan keliatan cool apalagi naek motor sambil membawa cewe :D:D. Awalnya saya hanya melakukan regional touring dengan motor, tp itu tidak membuatnya puas, sehingga ia mencoba perjalanan yang lebih jauh seperti sekarang.

K : Saya bukan tipe Adventurer tp mungkin karena berpacaran dan Margus banyak mempengaruhi dia, sehingga saya sekarang mempunyai “nyali” untuk melakukan perjalanan ini.

6. Berapa lama kalian mempersiapkan perjalanan ini?

M & K : Sangat lama dan ia tidak tahu tepatnya kurang lebih 1 tahun sebelum mereka berangkat. Selama 1 tahun tersebut kita tidak pernah beli berbagai macam baju, sepatu dan lain2nya.  Kita hanya menabung untuk perjalanan ini selama setahun.

7. Kapan terakhir kali cuci motor anda?

M & K : 1.5 tahun yang lalu ketika dikampung halaman saya, oh iya ketika di bolivia saya juga mencuci motor setelah masuk ke danau garam (salar de ulunyi) kalo ga saya cuci bisa habis motor saya dengan karat saat itu.

8. Apa sih tujuan anda?

M & K : Melihat dunia dari kacamata mereka sendiri, bahwa negara – negara yang kita lalui itu tidak seperti yang ada di berita & media.

For example : Indonesia

Yang kita tahu dari Indonesia hanya Teroris, Tsunami dan merupakan negara muslim terbesar di dunia. tapi ketika kita mulai menginjakkan kaki disini, semua orang sangat welcome & bersahabat. Tidak ada teroris dan tidak ada Tsunami, yang membuat saya kagum tentang indonesia adalah pertama kita disini (timor leste) seluruh kota dikelilingi oleh Gereja, tapi ketika kita masuk ke pulau bali & lombok semua berubah menjadi Pura2 dimana2. Dan ketika masuk ke pulau jawa mesjid ada dmana.

9. Berapa lama rencana perjalanan anda ?

M & K : 1000 hari

jika kita hitung ulang maka kira2 2 Tahun 7 Bulan.

10. Sebelum perjalanan ini, kalian berpergian dengan motor juga?

M & K : Sebelum pergi keliling dunia mereka pernah pergi dari Estonia ke Iran dengan motor yang sama tetapi ketika di iran mereka kecelakaan hingga motornya hancur lebur dan ketika itu mereka tidak punya uang sama sekali untuk memperbaiki & mengembalikan motor ke negara mereka. Tetapi beruntung teman kita dari Inggris yang belum pernah kita kenal sebelumnya dan belum pernah kita temui mengirimkan uang ke rekening kita untuk membawa kita berdua & motornya. Pada dasarnya orang tersebut memberikan uang dengan percuma karena alasan ia sangat menikmati Ride Report dan gambar2 yang kita hadirkan di forum UKGSER.com. Pada saat itu sebenarnya kita tidak bertujuan ke IRAN, kita hanya pergi dengan uang yang ada dan akan kembali mengambil jalan lurus kenegara kita jika uang kita telah habis. Tetapi perjalanannya berakhir di IRAN.

Para wanita tetep Foto sesion selama gw bertanya 😀

bersambung ….. gw akan siap – siap turing kecil ke puncak … soo stay tune yah .. akan gw updated segera

Margus : kuliah jurusan fisika umur 28
2 thoughts on “Around the world with a motorcycle Part I

Leave a Reply

